sekilas tentang hantu urban legend jepang

SADAKO


ini ceritanya gan sadako adalah hantu GADIS MISTERIUS DI SUMUR TUA
dan telah dibuat cerita filmnya dengan berbagai versi
Katanya sih ...... film itu diilhami kisah nyata yang terjadi belasan tahun lalu di Jepang.


.怨霊(Onryou)


Onryou adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada semasa hidupnya dan biasanya setelah meninggal ia akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut. Penampakan Onryou biasanya digambarkan sebagai berikut :
1.Rambut panjang terurai.
2.Memakai kimono putih.
3.Pergelangan tangan menjuntai ke bawah.
4.Biasanya kaki tak tampak menjejak tanah.



Zashiki-bokko


Zashiki Warashi adalah hantu yang berwujud anak-anak yang seringkali nakal daripada membahayakan. Hantu ini bisa juga disebut Zashiki-bokko. Zashiki bisa diartikan sebagai penutup lantai rumah atau tatami sedangkan Warashi adalah hantu anak-anak. Penampakan Zashiki Warashi adalah seperti anak kecil yang berusia sekitar 5 atau 6 tahun. Berambut cepak dan berwajah merah. Apabila di Indonesia hantu seperti ini disebut tuyul. Biasanya hantu anak-anak ini berkeliaran di sekitar rumah dan hantu ini mencari perhatian dengan cara yang bermacam-macam, seperti meninggalkan jejak kaki di lantai, membunyikan musik di ruang tamu atau tiba-tiba duduk di atas futon. Hantu ini paling senang menampakkan diri pada anak kecil. Mungkin karena usia mereka sebaya.



Funa Yuurei


Funa Yuurei adalah hantu yang berasal dari manusia yang tewas di tengah lautan. Mereka biasanya menampakkan diri pada penumpang kapal dan berpura-pura meminta bantuan kepada para penumpang, setelah itu mereka akan membalikkan kapal tersebut sehingga semua penumpang meninggal.


Abura-akago
油赤子 (あぶらあかご)
Oil Baby



Hantu dengan lidah yang menujur dan selalu menju\ilati minyak dari lampu tempel, dibawah adalah salah satu cerita rakyat tentang anak minyak ini
近江国 (あふみのくに) 大津の八町に

玉のごとくの火飛行 (ひぎやう) する事あり。

土人云、むかし志賀の里に油をうるものあり、

夜毎に大津辻の地蔵の油をぬすみけるが、

その者死て魂魄炎となりて今に迷ひの火と

なれるとぞ。しからば油をなむる赤子は此もの

の再生せしにや。

In the eighth town of Ōtsu in Ōmi ("Afumi") Province there exists a flying ball-like fire.
The natives say that long ago in the village of Shiga there was a person who stole oil, and every night he stole the oil from the
Jizō of the Ōtsu crossroads, but when this person died his soul became a flame and even now they grow accustomed to this errant fire.
If it is so then the baby which licks the oil is this person's rebirth.



Abura-sumashi
油すまし (あぶらすまし)
Oil Presser



Abura sumashi dikatakan muncul sesekali di pulau amakusa di daerah yang bernama kumamoto. sebuah cerita mengatakan bahwa saat seorang nenek dan cucunya berjalan munculah abura sumashi dengan memegang sebuah botol minuman .

Aka-shita
赤舌 (あかした)
Red Tongue



Monster berambut tebal yang namanya berarti "Lidah Merah" ini muncul dari dalam awan hitam dengan lidah menjulur


Bake-kujira
化け鯨 (ばけくじら)
Ghost Whale



Dahulu kala seekor paus tengkorak muncul di pantai daerah shimane, dikelilingi oleh Burung dan ikan yang menyeramkan. para nelayan mencoba menangkapnya dengan melemparkan harpunnya tetapi harpun para nelayan menembus makhluk itu dan makhluk itupun pergi dengan tenang ke laut lepas


Betobeto-san
べとべとさん
Footsteps


Disaat kamu berjalan di malam hari dan mendengar suara langkah kaki yang selalu mengikuti kamu, saat kamu menoleh kebelakang dan melihat kebelakang tak ada apapun dibelakang, saat itu kamu telah diikuti oleh sang betobeto-san.

ada cerita mengatakan jika kamu menyingkir dan berkata "betobeto-san silahkan jalan duluan" maka ia akan pergi dan tidak akan mengikutimu lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar