Terracotta Army, Kisah Misterius Pasukan Penjaga Malam

Terracotta Army, Kisah Misterius Pasukan Penjaga Malam

PERNAH menonton film berjudul "The Myth" yang diperankan aktor terkenal Jackie Chan atau film "The Mummy" dengan seri "Tomb of the Dragon Emperor"? film tersebut mengambil latar belakang cerita dari prajurit terakota.

Pasukan Terakota atau prajurit Terakota adalah kumpulan koleksi dari 8.099 patung berbentuk tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin, Qin Shi Huang.


Patung terracotta merupakan salah satu hasil karya manusia yang menakjubkan. Patung-patung ini dibuat 210-209 SM yang lalu untuk mengawal patung Kaisar pertama China, Qin (Qin Shi Huang). Dinasty Qin adalah dinasti pertama dan sangat terkenal kekejamannya.

Dalam bahasa lokalnya (bahasa China) museum ini lebih dikenal dengan nama Bing Ma Yong. Raja Qin Shi Huang yang memerintahkan pembangunan pada saat kepemimpinan Dinasti Qin menggunakan bahan terracota untuk membentuk patung-patung tentara sebagai objek utama dari museum ini.

Meskipun hanya patung, namun benda-benda bersejarah yang ada di dalam museum ini dibuat hampir menyerupai aslinya. Ada yang bilang, dulu aslinya ini semua orang atau warriors asli, tapi entah mengapa mereka jadi batu. Ada pula yang mengungkapkan patung tersebut ada untuk menakut-nakuti musuh waktu perang.


Menurut catatan sejarah, Kaisar Qin Shi Huang Ti percaya dengan hal-hal yang berbau takhayul. Dia berpendapat, bahwa matinya dia musuh-musuhnya pun akan mati.

Maka dia membawa pasukannya untuk menemani dan menjaga kaisar siang dan malam. Selain itu, kaisar percaya bahwa di kehidupan setelah kematian dia membutuhkan bala tentara untuk menaklukkan kerajaan-kerajaan lain yang ada.

Tentara Terracotta China merupakan patung unik dan dibuat satu per satu. Pasukan itu dibuat untuk melindungi kaisar di alam baka. Patung-patung itu aslinya dihias dengan cat berwarna terang, namun setelah 2.000 tahun tersimpan di bawah tanah, sisa-sisa cat itu pudar. Detail wajah dan pakaian patung tentara itu begitu rinci, sehingga daerah asal masing-masih tentara bisa diketahui.

Kaisar Qin Shihuang adalah kaisar pertama yang menyatukan China. Eksebisi ini juga akan menampilkan uang logam yang pertama kali diperkenalkan di China dan memerintahkan pembangunan prasarana umum secara besar, sekaligus memerintahkan pembangunan Tembok Besar China yang juga legendaris.

Menariknya, pembangunan makam ini merupakan perintah dari Kaisar Qin Shi Huang Di. Kaisar Qin naik tahta pada 246 SM, saat masih berusia 13 tahun. Pembangunan makam berakhir 36 tahun kemudian. Kaisar Qin Shi Huang Di wafat pada 210 SM dan dimakamkan di dalamnya.

Terakota yang menakjubkan ini ditemukan pada 1974 oleh sekelompok petani China yang tengah mencoba mengebor sumur. Penemuan tersebut sungguh sangat menakjubkan. Patung kuda dan prajurit yang jumlahnya ribuan memiliki raut wajah yang sangat hidup dan berlainan satu sama lain, termasuk raut wajah kuda.

Begitu bedanya, Anda dapat membedakan setiap prajurit dan kuda yang lain dalam penampilan mereka yang unik. Tak hanya itu saja, termasuk jenis persenjataan dan cara berpakaian mereka.

Prajurit dan kuda ini disekat menjadi tiga bagian sesuai dengan posisi terakhir sang prajurit. Ruang pertama berisi pasukan aktif perwira, ruang kedua pasukan cadangan, sementara ruang ketiga berisi rumah-rumah elite 68 komandan dan perwira.

Semua wajah prajurit menghadap ke arah timur untuk melindungi Qin Shi Huang Di dari kemungkinan serangan musuh yang datang dari arah tersebut di akhirat. Teknik pembuatan patung sehebat ini pun menjadi tanda tanya, apalagi dibuat 2000 tahun silam. Keajaiban lainnya, ketiga ruang prajurit terakota ini hanya menempati 1 persen total luas makam.

Bagian yang tak kalah menarik dari kompleks makam Kaisar Qin Shih Huang Di adalah lubang terakota. Lubang ini merupakan bangunan struktur tanah dan kayu yang menyerupai terowongan yang di dalamnya digali empat hingga delapan meter dari permukaan tanah. Di dalam lubang tersebut dibangun dinding yang dipasang tiang kayu, belandar, penyangga atap, dan gelaran tikar.

Di dalam lubang terakota ini juga terdapat senjata perunggu menakjubkan yang dibuat dengan teknik cor, teknik yang luar biasa untuk usia 2000 tahun silam. Kompleks makam Kaisar Qin Shih Huang Di ini menjadi simbol dahsyatnya budaya Tiongkok kuno yang mampu bertahan hingga ribuan tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar